TUGAS MATA KULIAH SOSIOLOGI KOMUNIKASI
TANTANGAN ILMU KOMUNIKASI PADA
ERA GLOBALISASI
Oleh :
I KETUT PUTU SUARDANA
NIM. 141 211 10
e-mail : ikp31_suardana@yahoo.com
PROGRAM
PASCA SARJANA ILMU KOMUNIKASI HINDU
SEKOLAH
TINGGI AGAMA HINDU NEGERI
GDE
PUDJA MATARAM
2015
KATA PENGANTAR
Om
Swastyastu,
Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi
Wasa, Tuhan Yang Maha Esa karena atas asungkerta
dan waranugraha-Nya serta kuasa-Nya Tugas
Mata Kuliah Sosiologi Komunikasi dengan
judul Tantangan
Ilmu Komunikasi pada Era Globalisasi ini dapat di
selesaikan tepat pada waktunya.
Pada kesempatan ini tidak lupa kami sampaikan terima kasih
kepada pihak yang telah memberi sumbangan pemikirannya kepada kami sehingga tulisan
ini dapat terselesaikan. Sudah tentu tulisan yang kami buat ini jauh dari
sempurna, untuk itu kami selaku penyusun tulisan ini mohon kritik dan saran
dari pembaca secara konstruktif untuk lebih sempurnanya tulisan ini.
Sebagai
akhir kata, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Om
Santih Santih Santih Om.
Mataram, Februari 2015
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................ ii
DAFTAR ISI................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah.............................................................................. 2
C.
Tujuan Penulisan................................................................................ 2
D.
Manfaat Penulisan............................................................................. 3
BAB II PEMBAHASAN
A.
Komunikasi........................................................................................ 4
B.
Globalisasi.......................................................................................... 4
1.
Pengertian Globalisasi.................................................................. 4
2.
Ciri-Ciri globalisasi...................................................................... 5
C.
Tantangan Komunikasi pada Era Globalisasi.................................... 6
BAB III PENUTUP
A.
Simpulan............................................................................................ 9
B.
Saran.................................................................................................. 9
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Era
globalisasi adalah sebuah era peradaban manusia modern bahkan post modern. Era ini ditandai dengan
berkambangnya pola piker dan cara hidup manusia. Pola pikir manusia pada era
ini tergolong pola pikir untuk maju serta pola untuk merubah pola dasar atau
pola awal kearah perubahan yang sangat drastis. Hal yang tentunya akan sangat
terpengaruh oleh era globalisasi adalah dunia komunikasi.
Perkembangan
komunikasi dalam dunia sangatlah pesat pada era globalisasi. Sistem komunikasi
manusia tentunya akan mengubah pola komunikasi masyarakat. Dipicu lagi dengan
banyaknya model elektronik yang begitu pesat. Kemajuan elektronik tersebut
bermunculan dengan adanya kemajuan pola pikir dan ilmu pengetahuan serta
teknologi yang mampu dibuat dan dikuasai oleh manusia pada peradaban dunia saat
ini.
Salah
satu contoh perubahan pola komunikasi yang dapat kita liahat saat ini adalah
dunia komunikasi massa. Sebelum terdapat media massa system komunikasi di
negara kita menggunakan peralatan serta media yang sangat sederhana. Misalnya
di Bali menggunakan kul-kul untuk
mengumpulkan manusia atau masyarakat saat aka nada suatu kegiatan. Contoh lain
misalnya, menggunakan selebaran kertas yang berisi berita kemudian disebarkan
ke masyarakat. Hal inipun masih menggunakan tatap muka dimana sejumlah orang
bertemu di satu tempat guna menyampaikan informasi.
Namun
hal tersebut tidaklah berlangsung lama, pada tahun 1960-an muncul suatu alat
elektronik yaitu TV. Komunikasi massapun berjalan dengan baik. Pesan-pesanpun
tersalurkan dengan sangat baik tidak hanya melalui media cetak saja (Suroyya,
2012).
Hal di
atas adalah bukti perkembangan komunikasi yang semakin pesat. Dengan bukti
tersebut maka tantangan ilmu komunikasi yang notabene adalah ilmu yang fokus
mengkaji tentang komunikasi tentu memiliki tantangan yang sangat berat. Oleh
karena itulah maka pada tulisan ini, penulis ingin mengkaji tantangan ilmu
komunikasi pada era globalisasi melalui sebuah makalah yang berjudul “Tantangan
Ilmu Komunikasi pada Era Globalisasi”.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, dapat dirumuskan masalah yang akan dikaji dalam tulisan
ini, yaitu:
1.
Apa saja tantangan ilmu
komunikasi pada era globalisasi?
2.
Bagaimana upaya menghadapi
tanntangan ilmu komunikasi pada era globalisasi?
C.
Tujuan Penulisan
Dari rumusan
masalah tersebut dapat diketahui bahwa tujuan penulisan makalah ini adalah
sebagai berikut :
1.
Menguraikan dan menjelaskan
tantangan-tantangan ilmu komunikasi pada era globalisasi.
2.
Mengkaji upaya-upaya menghadapi
tantangan ilmu komunikasi pada era globalisasi.
D.
Manfaat Penulisan
Dari
tujuan di atas tentunya dapat diketahui manfaat penulisan karya imiah ini
adalah sebagai berikut :
1.
Secara teoretis dapat dijadikan
sumber bacaan dan referensi bagi pembaca maupun penulis karya ilmiah yang
berkaitan dengan tantangan ilmu komunikasi pada era globalisasi.
2.
Secara prektis dapat dijadikan
pedoman dalam mempertimbangkan kemajuan ilmu komunikasi berkaitan dengan upaya
mengatasi tantangan-tantangan yang sudah, sedang maupun akan dihadapi oleh ilmu
komunikasi terutama pada era globbalisasi.
BAB II
PENDAHULUAN
A.
Komunikasi
Berdasarkan
etimologinya, kata komunikasi berasal dari dari bahasa Latin yaitu kata com berarti bersama-sama dan unio
berarti persatuan. Dari etimologi
tersebut Prof. Dr. Alo Liliweri, M.S. (2011:31) menjelaskan bahwa komunikasi
adalah proses atau tindakan untuk mengalihkan pesan dari suatu sumber kepada
penerima melalui saluran dalam situasi adanya gangguan dan interfrensi.
Dalam
garis besar dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah penyampaian informasi dan
pengertian dari seseorang kepada orang lain. Komunikasi akan berhasil apabaila
antara komunikan dan komunikator saling memahami informasi yang diberikan.
Jadi
berdasarkan definisi di atas, dapat kita pahami bahwa dalam komunikasi terdapat
unsur-unsur komunikasi yang perlu kita pahami bersama diantaranya pengirim
(komunikator), penerima (komunikan), pesan, media (saluran, chanel), gangguan dan efek.
B.
Globalisasi
1.
Pengertian Globalisasi
Globalisasi
berasal dari kata global yang berari menyeluruh. Mendapat akhiran isasi yang
berarti proses. Dari kata tersebut maka dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia
yang ditulis oleh Bambang Marhiyanto mengartikan bahwa globalisasi adalah
proses masuk ke ruang lingkup dunia.
Globalisasi
adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan
ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui
perdagangan, investasi, perjalanan budaya populer sehingga tidak ada batas
antara satu negara dengan negara yang lain. Adapun pengertian lain mengenai
globalisasi adalah suatu proses sosial, sejarah atau proses alamiah yang akan
membawa seluruh bangsa dan adanya keterikatan antara satu bangsa yang satu
dengan bangsa yang lain (Suroyya, 2008).
Jadi
berdasarkan pemaknaan tersebut dapat diketahui bahwa globalisasi merupakan
proses masuknya segala aspek kehidupan manusia menuju arah global atau dunia.
2.
Ciri-Ciri Globalisasi
Agar
lebih mudah dalam pemahaman mengenai globalisasi maka di sini akan diuraikan
juga mengenai ciri-ciri dari globalisasi menurut Suroyya yaitu:
a.
Terdapat perubahan dalam konsep
ruang dan waktu seperti berkembang pesatnya tekhnologi seperti telepon genggam,
satelit juga internet.
b.
Pasar dan produksi ekonomi di
berbagai negara menjadi saling ketergantungan sebagai akibat perdagangan
internasional.
c.
Peningkatan interaksi kultural
melalui perkembangan media massa seperti TV, musik, serta berita yang bersifat
internasional.
d.
Meningkatnya masalah bersama misalnya
pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional dan juga inflasi regional.
C.
Tantangan Komunikasi pada Era Globalisasi
Adapun
beberapa tantangan yang dihadapi oleh berbagai negara di penjuru dunia pada
umumnya dan di Indonesia pada khususnya dalam kaitannya dengan komunikasi
terletak pada 3 poin utama yaitu :
a.
Teknologi Pers
Pers
nasional diwajibkan memiliki kemampuan khususnya dalam hal tekhnologi
dimaksudkan agar tersampainya komunikasi ataupun pesan kepada masyarakat
sedangkan di bidang jurnalistik berarti sejumlah tekhnik yang harus dilakukan
dalam hal pencarian dan penulisan berita harus ditingkatkan baik dalam jumlah
dan mutu, mereka juga harus berlomba-lomba membuat suatu komunikasi cetak maupun
berupa elektronik.
Sistem
hukum komunikasi massa dan kebijakan pemerintah di bidang media misalnya bisa
menjadi lebih konservatif atau melawan arus. Hal ini tentu akan menyulitkan
pekerjaan jurnalistik. Jurnalistik di Indonesia bisa terseret oleh dua macam
arus kekuatan, yaitu di satu pihak terdapat tarikan arus modernisasi yang di
bawah globalisasi. Sebagai akibatnya media ini khususnya televisi akan
dijadikan alat ampuh oleh segelintir orang atau golongan untuk menanamkan atau
sebaliknya akan merusak nilai-nilai moral untuk mempengaruhi atupun mengontrol
pola pikir seseorang oleh mereka yang memiliki kekuasaan.
b.
Sosial dan Ekonomi
Teknologi
modern telah mengakibatkan terciptanya komunikasi bebas lintas negara, benua
dan mampu menerobos berbagai pelosok perkampungan dan area-area sempit lainnya
layaknya kampung-kampung dan lainnya melalui sebuah media yang begitu ampuh
yang berupa audio dan audio visual seperti radio, televisi, internet dan
sebagainya. Fenomena modern inilah yang sangat populer dengan sebutan
globalisasi.
Kemujuan
tekhnologi tidak berarti juga kemajuan manusia biasa saja, tetapi kemajuan
tekhnologi membuat sebagian manusia akan merasa asing dari dunianya sendiri (alienasi) karena berbagai penyebab
seperti kemampuan yang berbeda di bidang ekonomi dan latar kebudayaan yang
berbeda.
Selain
itu berkembanganya tekhnologi modern juga berdampak pada bidang sosial-ekonomi,
yang merupakan senjata ampuh dalam mengentaskan kemiskinan yang sedang melanda negara
Indonesia.
Berdasarkan
data yang dikutip dari Suroyya, Sekitar 40 juta orang hidup di bawah angka
kemiskinan dan ≥ 80 juta jiwa mengalami pengangguran. Hal ini membuat Indonesia
meraih peringkat atau urutan 110 dari 170 negara yang berada dalam taraf
kemsikinan, melihat fenomena tersebut maka sangatlah dibutuhkan tekhnologi
serta SDM yang memadai. Munculnya berbagai merek dan jenis barang-barang
bertekhnologi mutakhir seperti internet yang dapat meringankan beban negara,
yaitu hanya dengan mengakses salah satu bursa kerja atau lowongan kerja di
salah satu situs di internet seseorang atau mungkin beberapa orang akan
terselamatkan dari ganasnya pengangguran.Tidak sedikit dari warga kita yang
bermalas-malasan bahkan pasrah dalam mengubah takdir hidup pada dirinya.
Berjuta-
juta orang harus rela hidup dalam kemiskinan karena ketidaktahuan mereka “how to operate tevhnology”. Globaliasasi
komunikasi terutama informatika menjadi alat vital yang begitu ampuh dalam
mengentaskan kemiskinan, kebodohan serta meningkatkan kesejahteraan. Dalam era
globalisasi setiap orang dituntut untuk mengatasi masalah yang begitu kompleks
sebagai akibat dari perubahan global.
c.
Keagamaan (Religious)
Berdasarkan hasil studi beberapa pakar ahli komunikasi
yang terpaparkan oleh Burhan Bungin dalam bukunya berjudul Sosiologi Komunikasi
tahun 2006 menguak dampak sosio-psikologis antara menonton televisi dengan
sikap agresif, sikap anti sosial, sikap aktifitas santai, kecenderungan gaya
hidup, sikap rasial, kecenderungan atas prefensi seksual, kesadaran akan daya
tarik seksual, stereotype peran seksual, bunuh diri dan identifikasi diri dengan
karakter- karakter yang terdapat dalam televisi. Akan tetapi perlu dicatat
bahwa sejak munculnya era televisi yang dibarengi dengan timbulnya berpuluh-puluh
channel yang menawarkan acara-acara yang menarik yang membuat kita notabenenya
sebagai umat Hindu menjadi lupa akan tugas kita, kita hanya berperan sebagai
konsumennya saja sedang orang baratlah yang memegang kendali akan komunikasi di
seluruh dunia.
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Komunikasi
adalah penyampaian informasi dan pengertian dari seseorang kepada orang lain.
Komunikasi akan berhasil apabaila antara komunikan dan komunikator saling
memahami informasi yang diberikan. Dalam komunikasi terdapat unsur-unsur
komunikasi yang perlu kita pahami bersama diantaranya pengirim (komunikator),
penerima (komunikan), pesan, media (saluran, chanel), gangguan dan efek.
Globalisasi
adalah suatu proses sosial, sejarah atau proses alamiah yang akan membawa
seluruh bangsa dan adanya keterikatan antara satu bangsa yang satu dengan
bangsa yang lain. Globalisasi merupakan proses masuknya segala aspek kehidupan
manusia menuju arah global atau dunia.
Ada
beberapa tantangan yang dihadapi oleh berbagai negara di penjuru dunia pada
umumnya dan di Indonesia pada khususnya dalam kaitannya dengan komunikasi
terletak pada 3 poin utama yaitu teknologi pers, sosial ekonomi dan keagamaan.
B.
Saran
Dari
pemaparan di atas dapat disarankan kepada pembaca untuk lebih bersiap dan harus
mampu bersaing dalam menghadapi era globalisasi yang saat ini didominasi oleh
pengaruh barat.
DAFTAR
PUSTAKA
Arifin, Anwar. 2013. Ilmu
Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Bungin, Burhan. 2006.
Sosiologi Komunikasi. Jakarta : Kencana.
Cangara, Hafied. 2012. Pengantar ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Kencana.
Marhyanto, Bambang. . Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Victory.
Rahmat, Jalaludin. 2002. Psikologi
Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Surroya, Dhama. 2008. Tantangan
komunikasi di era globalisasi. Dhamamanis.blogspot.com.
Widjaja. 2002. Komunikasi. Jakarta : Bumi Aksara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar